Berita satu

Perluasan peran dan fungsi pejabat fungsional pengelola pengadaan barang/jasa (PPBJ) perlu dilakukan untuk mendukung transformasi kelembagaan pengadaan berupa unit kerja pengadaan barang/jasa (UKPBJ). Pasalnya, model kelembagaan pengadaan yang baru ini memuat fungsi yang tidak hanya terbatas pada pengelolaan pengadaan barang/jasa saja, melainkan juga memuat fungsi pengelolaan LPSE, pembinaan SDM dan kelembagaan, hingga pelaksanaan pendampingan dan konsultasi.

”Tentunya ini sejalan dengan transformasi dari ULP menjadi UKPBJ. ULP yang tadinya hanya berfungsi melakukan pemilihan penyedia kemudian menjadi UKPBJ yang fungsinya lebih luas karena ada job enlargement dan job enrichment di sana,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Strategi dan Kebijakan LKPP Robin Asad Suryo, Rabu (05/09).

Diakui Robin, optimalisasi perluasan peran dan fungsi pejabat fungsional PPBJ tidak terlepas dari komitmen pimpinan, di samping dukungan regulasi dan kebijakan, sistem pembinaan SDM, layanan hukum, dukungan sistem IT, dan kelaikan insentif. Dalam hal menyukseskan program inpassing dan pembentukan kelembagaan pengadaan yang permanen, misalnya, dukungan dan komitmen pimpinan diperlukan dalam merealisasikan kedua hal itu.

”Jadi kalau pimpinannya sendiri tidak ada komitmen, ini akan susah untuk memperjuangkan (pembentukan) UKPBJ,” lanjutnya saat memberikan sambutan pada acara bertajuk ”Focus Group Discussion dan Bimbingan Teknis Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa” yang diadakan di Bali.

Tidak hanya itu, pengelolaan SDM pengadaan pun harus dilakukan secara terencana dan berkelanjutan. Menurut Robin, unit organisasi kepegawaian  perlu melakukan pengelolaan dan pembinaan mulai dari perencanaan hingga promosi jabatan. Hal ini untuk memastikan jenjang karier pejabat fungsional memiliki prospek yang baik. Sumber LKPP ( http://www.lkpp.go.id/v3/#/read/5379 )

Perluasan Peran Pejabat Fungsional untuk Optimalisasi Fungsi UKPBJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *