Kegiatan Bimtek, Sosialisasi Implementasi dan Pendalaman Perpres 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang / Jasa

Personil UKPBJ Kutai Kartanegara terus mendalami terhadap Implementasi Perpres 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan barang/jasa pemerintah. Kegiatan Bimbingan Teknis Sosialisasi Perpres 16 Tahun 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 8 – 9 Agustus 2019 di Hotel Midtown Samarinda tersebut dilaksanakan kerjasama dengan ANDALAS INSTITUT sebagai Lembaga Pelaksana Pelatihan yang sudah terakreditasi B LKPP RI.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang menggantikan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 yang selama kita gunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan Pengadaan barang/jasa telah diundangkan pada tanggal 22 Maret 2018. Banyak perubahan secara fundamental dalam perpres tersebut yang perlu dipelajari dan diketahui para pengelola pengadaan, antara lain pada perpres ini pengadaan barang/jasa pemerintah tidak sekadar mencari harga termurah dari penyedia, namun tujuan pengadaan berubah menjadi menghasilkan barang/jasa yang tepat dari setiap uang yang dibelanjakan, diukur dari aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya, dan penyedia (value for money). Selain itu, terdapat hal baru lainnya yang mengatur tentang agen pengadaan, konsolidasi pengadaan, layanan penyelesaian sengketa, swakelola tipe baru, dan e-marketplace pemerintah.

Diatur pula pada perpres baru ini hal-hal terkait pelaksanaan penelitian, repeat order, e-reverseauction, dan pekerjaan terintegrasi serta pengadaan berkelanjutan. Dalam peraturan ini juga terdapat pengecualian dalam pengadaan barang/jasa pemerintah. Pengecualian ini diberlakukan pada pengadaan pada badan layanan umum, tarif resmi yang telah dipublikasikan secara luas, pengadaan barang/ jasa yang telah sesuai praktik bisnis yang mapan, dan pengadaan yang sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang lain. Untuk itulah perlu personil UKPBJ Kutai Kartanegara untuk mengikuti Bimtek Sosialisasi Perpres 16 Tahun 2018 yang Narasumbernya bersetifikat TOT LKPP RI, Procurement Specialist (Bapak NOVAN EDWIN – UKPBJ PROVINSI KALIMANTAN TIMUR)

Kegiatan Bimtek, Sosialisasi Implementasi dan Pendalaman Perpres 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang / Jasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *